Pengertian, Sejarah, & Edisi Aplikasi Accurate “Software Pembukuan Karya Anak Bangsa”

Aplikasi Accurate
Bagikan Artikel Ini

Apa itu Accurate? Bagaimana sih sejarahnya Aplikasi Accurate? Edisi apa aja yang tersedia dalam aplikasi accurate sampai sekarang? Berikut Penjelasannya

Setelah belajar mengenai Pengertian, Sejarah, Fungsi, & Keunggulan Komputer Akuntansi, yuk simak kelanjutan materi mengenai Pengertian, Sejarah, & Edisi Accurate “Software Pembukuan Karya Anak Bangsa”.

Artikel mengenai Komputer Akuntansi Lain dapat kalian akses disini Komputer Akuntansi

Artikel mengenai Accurate yang lain dapat kalian akses disini Accurate

Sejarah Aplikasi Accurate

Sejarah Aplikasi Accurate
Sumber : Google Image

Sejarah aplikasi accurate dimulai pada awal tahun 1998, di mana pada tahun 1998 merupakan  kelanjutan dampak krisis ekonomi yang dimulai dari tahun 1997. Pada saat itu, sangat berdampak besar terhadap perekonomian bangsa Indonesia, mulai melemahnya nilai rupiah terhadap nilai dollar, terjadinya pemutusan hubungan kerja secara besar-besaran karena perusahaan tidak dapat memberikan gaji kepada karyawannya, hingga puluhan bahkan ratusan perusahaan mulai dari yang berskala kecil sampai besar mulai  mengalami gulung tikar, serta pengangguran yang merajalela, dan masih banyak lagi.

Tentu saja, para badan perusahaan kecil hingga besar mulai mengalami kepanikan. Apalagi, pada zaman-zaman tersebut perkembangan ilmu teknologi yang masih rendah, terutama perkembangan di bidang software pembukuan. Alasan utama rendahnya perkembangan software pembukuan adalah membutuhkan biaya yang besar, belum lagi untuk mengatasi masalah-masalah yang akan berpotensi terjadi pada software pembukuan tersebut.

Kemudian, pada akhirnya Cipta Piranti Sejahtera atau yang biasa dikenal sebagai CPSSoft melihat itu sebagai peluang usaha untuk menjawab permasalahan-permasalahan  perusahaan di bidang pengelolaan keuangan yang lebih sistematis dan praktis yaitu melalui software pembukuan.

Akhirnya, pada November 1999 lahirlah sebuah software pembukuan asli buatan anak bangsa bernama Accurate Accounting Software. Software pembukuan ini pertama kali diluncurkan di Indocomtech 1999 yang diselenggarakan di Jakarta Hall Convention Center (JHCC). Versi pertama yang dikeluarkan adalah Accurate versi 1 bernama Accurate 2000 Accounting Software. Angka 2000 digunakan karena software pembukuan ini sudah Y2K (Year 2 Kilo) Ready. Serta target pasar pengembangan dari software pembukuan ini adalah pengusaha kecil hingga menengah.

Baca Juga:   Pengertian, Sejarah, Fungsi, & Keunggulan Komputer Akuntansi

Tidak berhenti sampai di sini, CPSSoft terus mengembangkan  software pembukuan akuntansi Accurate  menjadi Accurate versi 2 (2002), Accurate versi  3 (2005), Accurate versi 4 (2009) hingga di tahun 2020 sudah hadir Accurate versi 5.

Pengertian Aplikasi Accurate

Pengertian Aplikasi Accurate
Sumber : Google Image

Kemudian, apa yang kalian ketahui mengenai Aplikasi Accurate? Accurate dapat diartikan sebagai salah satu software pembukuan atau akuntansiproduk lokal yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun serta dapat melayani berbagai jenis pembukuan mulai dari perusahaan jasa, dagang, hingga manufaktur atau industri, serta lain-lain seperti distributor maupun retail.

Apakah kalian juga tahu? Ternyata, Accurate juga sudah mengikuti sistem PSAK perpajakan di Indonesia lho. Sehingga sudah terjamin aman, mudah, dan terpercaya penggunaannya. Jadi, para user tidak perlu khawatir lagi atas kelegalan dan kemampuan serta kecanggihan software pembukuan ini.

Tidak heran mengapa Accurate menjadi salah satu software pembukuan terbaik dan direkomendasikan saat ini, karena ribuan perusahaan telah mempercayakan Accurate sebagai software pembukuan di berbagai perusahaan. Selain ribuan perusahaan, jenjang pendidikan mulai SMK sederajat hingga jenjang Universitas sederajat juga menggunakan Accurate sebagai media pembelajaran mengenai komputer akuntansi.

Apakah kalian tahu? Jika ternyata, software Accurate juga memperoleh penghargaan Top Brand di tahun 2016 hingga 2020 sebagai software Akuntansi Terbaik di Indonesia lho. Hal ini karena, fitur Accurate yang userfriendly lah yang menjadikan software Accurate sebagai salah satu software pembukuan terpopuler atau dengan peminat dengan user yang banyak pada saat ini.

Selain itu, kita dapat menikmati aplikasi Accurate Dekstop maupun Accurate Online. Perbedaan dari keduanya terletak pada cara kerja, waktu akses, fitur, program, lisensi manager, jumlah database, akses dan simpan database, dan lain-lain. Di mana, Accurate Online diluncurkan pada tahun 2016 dengan fitur dan modul yang lebih lengkap, performa yang lebih stabil, tampilan yang userfriendly serta penyimpanan database secara cloud storage yang memungkinkan para pengguna Accurate Online dapat menjalankan bisnis di mana saja, langsung dari komputer, tablet, maupun smartphone. Sehingga tidak perlu khawatir lagi bagi para user setia Accurate Dekstop, karena pada saat ini sudah ada Accurate Online yang sepenuhnya akan membantu kerja para user menjadi lebih mudah yang tentunya segala fiturnya tidak kalah dengan Accurate Dekstop.

Baca Juga:   Pengertian, Sejarah, Fungsi, & Keunggulan Komputer Akuntansi

Edisi Aplikasi Accurate

Kemudian ada 3 edisi Aplikasi Accurate mulai dari Standard Edition. Deluxe Edition, hingga Enterprise edition. Perbedaan ketiganya terletak pada fitur serta modulnya.

Accurate Standard Edition

Accurate edisi standard sangat cocok bagi user yang melakukan bisnis di bidang usaha jasa dan dagang. Jika user menggunakan paket ini maka akan mendapatkan modul yang berisikan informasi mengenai menjalankan proses administrasi dengan mudah dan praktis. Edisi ini juga memungkinkan penggunanya untuk menggunakan fitur pengaturan nomor serial batch, tanggal kadaluarsa, ekspor e-faktur, ekspor pajak online, ekspor e-SPT, hingga pencetakan bukti potongan PPH 23.

Accurate Deluxe Edition

Accurate edisi deluxe sangat cocok untuk user yang menjalankan bisnis di bidang kontraktor meupun pembuatan konstruksi gedung, jalan, maupun jembatan. Paket accurate ini, menyediakan segala fasilitas di paket standard dengan kelebihan lain seperti fasilitas RAB, set termin penagihan proyek, hingga melakukan fungsi hitung otomatis guna mengestimasi biaya produksi.

Accurate Enterprise Edition

Accurate edisi enterprise sangat cocok bagi user yang menjalankan bisnis di bidang manufaktur atau indutri. User yang menggunakan paket ini akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap daripada paket standard maupun deluxe. Fasilitas tambahan yang diperoleh seperti fitur penghitungan biaya varian produksi, barang setengah jadi, dan fungsi lain. Dapat dikatakan paket Accurate edisi enterprise sangat komplit dan lengkap.

Jadi, sudah tahu kan mengenai Pengertian, Sejarah, & Edisi Accurate “Software Pembukuan Karya Anak Bangsa”. Apabila ada yang ditanyakan kalian bisa menghubungi instagram atau facebook kami. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian supaya ilmu ini dapat terbagi dan lebih bermanfaat lagi.

Stay Productive


Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan Balasan