Press "Enter" to skip to content

20 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Seven 0

Last updated on December 27, 2019

Pengertian Akuntansi – Diantara kalian, ada nggak nih yang suka banget sama yang namanya catat mencatat? Atau mungkin ada yang suka banget sama yang namanya menghitung?

Misal ada yang menarik dikit langsung catet atau kalau keliatan angka dikit aja langsung dihitung gitu deh. Entah itu yang penting maupun yang nggak penting sekalipun lah langsung reflek buat catet maupun ngitung, misalnya pelajaran sekolah, daftar barang yang diinginkan, hingga keuangan sehari-hari.

Pengertian Akuntansi 001

Nah, untuk kalian yang hobi banget buat nyatet keuangan kalian ini (missal: uang saku, kiriman orang tua, daftar belanjaan, dll) mungkin saja kalian berbakat nih buat belajar akuntansi hehehe… Atau mungkin kalian emang sudah pernah belajar akuntansi sebelumnya :3

Kalau masih belum pernah, kuy kita belajar apa sih akuntansi itu???

Apa sih Akuntansi itu???

Secara umum akuntansi adalah suatu cabang Ilmu yang mempelajari mengenai seni dalam mencatat, mengelompokkan, meringkas, dan melaporkan data keuangan suatu perusahaan yang bertujuan sebagai acuan utama dalam pengambilan keputusan untuk masa mendatang oleh para pengguna Akuntansi yang di antaranya seperti Pemilik Perusahaan, Manajer, Pemerintah, Investor, dll.

Akuntansi berasal dari bahasa Perancis “compter” yang artinya menghitung .

Akuntansi sendiri telah dipakai di hamper seluruh aktivitas bisnis yang terdapat di seluruh penjuru dunia sebagai acuan utama dalam pengambilan keputusan, sehingga akuntansi sering disebut sebagai bahasa bisnis.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

1 – Menurut Admin Sendiri Hehehe…

Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan perusahaan untuk membentuk suatu laporan keuangan selama periode tertentu yang digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan untuk masa mendatang oleh para pengguna informasi akuntansi.

2 – Menurut American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)

Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang pada umumnya yang bersifat moneter dan dalam menguraikan hasil.

Baca Juga:   3 Metode Perhitungan Cadangan Kerugian Piutang

3 – Menurut American Acounting Association (AAA)

Akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, pengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian, keputusan yang jelas dan tegas bagi semua yang menggunakan informasi tersebut.

4 – Menurut Financial Accounting Standars Board (FASB)

Akuntansi ialah sebuah kegiatan jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian dipakai untuk pengambilan keputusan ekonomi.

5 – Menurut Keputusan Menteri Keuangan RI No. 476 KMK. 01 1991

Akuntansi merupakan sebuah proses pengumpulan, pencatatan, penganalisaan, peringkasan, pengklasifikasian serta pelaporan transaksi keuangan dari sebuah kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan untukpara pemakai laporan yang berguna dalam pengambilan keputusan.

6 – Menurut Mulyadi

Akuntansi memiliki fungsi sebagai alat mencatat sekaligus menyajikan laporan keuangan guna mempermudah manajemen dalam mengelola suatu perusahaan.

7 – Menurut Wibowo

Akuntansi merupakan suatu prosedur untuk mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari sebuah perusahaan atau organisasi.

Hal tersebut berarti akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang mengakui dan mencatat kegiatan transaksi keuangan yang selanjutnya disajikan dalam bentuk laporan keuangan.

8 – Menurut Kieso, et al. (2016:2)

“Accounting consist of the three basic activities —it identifies, records, and communicates the economft events of an organization to interest users. A company identifies the economic events relevant to its business and then records those events in order to provide a history of financial activities. Recording consists of keeping a systematic, chronological diary of events, measured in dollar and cents. Finally, communicates the collected information to interest user by means accounting reports are called financial statement”.

Akuntansi terdiri atas tiga aktivitas yang mendasar yakni identifikasi, pencatatan serta pengkomunikasian kejadian ekonomi sebah organisasi terhadap pihak yang berkepentingan. Perusahaan mengidentifikasi peristiwa ekonomi sesuai dengan aktivitas usahanya serta kemudian mencatat peristiwa itu untuk menyediakan catatan aktivitas keuangan. Pencatatan dilakukan dengan cara sistematis, kronologis setiap peristiwa, dalam satuan mata uang. Dan akhirnya mengkomunikasikan kumpulan informasi tersebut terhadap pihak yang berkepentingan dalam bentuk laporan akuntansi atau yang juga dikenal dengan laporan keuangan.

Baca Juga:   Pengguna Informasi Akuntansi yang Jarang Diketahui Lengkap

9 – Menurut ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

Akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

10 – Menurut Ikatan Akuntan Amerika

Akuntansi merupakan sebuah potongan, estimasi, dan pelaporan data keuangan, yang akan memungkinkan suatu penilaian serta pilihan yang jelas dan tegas untuk individu yang memanfaatkan data.

11 – Menurut Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4)

Akuntansi adalah sebagia suatu sistem informasi yang mengukur aktifitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

12 – Menurut Accounting Principles Board Statement No. 4 (Muhammad, 2002:10)

Akuntansi merupakan sebuah kegiatan jasa, yang berfungsi dalam menyediakan informasi kuantitatif. Khususnya yang sifatnya finansial mengenai entitas ekonomi yang dimaksudkan supaya dapat berguna pada mengambil keputusan ekonomi – membuat pilihan – pilihan nalar di antara berbagai alternatif tindakan.

13 – Menurut S. Munawir (2005)

Akuntansi adalah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagaian bersifat keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.

14 – Menurut Paul Grady

Akuntansi adalah sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, mengintepretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

15 – Menurut Abu Bakar A.

Akuntansi adalah sebagai prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi. Ini diartikan akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan kemudian disajikan dalam laporan keuangan.

Baca Juga:   Metode Pencatatan Piutang dengan Gross & Net Method

16 – Menurut Wikipedia

Akuntansi merupakan suatu pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian tentang informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak serta pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

17 – Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Akuntansi merupakan teori dan praktik perakunan, termasuk di dalamnya adalah tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya. Hal yang berkaitan dengan akuntan; seni pencatatanserta pengikhtisaran transaksi keuangan dan juga penafsiran akibat sebuah transaksi kepada sebuah kesatuan ekonomi.

18 – Menurut Littleton (Muhammad, 2002:10)

Akuntansi bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). definis ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

19 – Menurut Warren dkk (2005:10)

Akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang menghasilkan suatu laporan keuangan terhadap beberapa pihak yang ikut berkepentingan tentang aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

20 – Menurut Suparwoto L (1990 : 2)

Akuntansi merupakan suatu sistem atau suatu teknik dalam mengukur serta mengelola transaksi keuangan serta dapat memberikan hasil dari pengelolaan tersebut kedalam bentuk informasi terhadap berbagai pihak intern dan ekstern perusahaan. Yang di maksud pihak Ekstern adalah investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lainnya.

Leave a Reply